Cara Memperbaiki Sendiri Mesin Cuci Yg Rusak Pulsatornya

Assalamu'alaikum wr. wb
Terima kasih sudah mengunjungi  blog saya yg sederhana ini, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Mesin Cuci yg rusak Pulsatornya,
kerusakan ini ditandai dengan tidak berputarnya dinamo/mesin ketika diberi perintah wash/spin dan biasanya hanya mengeluarkan suara dengung saja. Gejala kerusakan ini umum terjadi pada mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung.

Kerusakan ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu terbakarnya lilitan kumparan dinamo/mesin, bisa juga karena kabelnya dimakan tikus, tapi yg sering terjadi adalah rusak/ausnya kapasitor starter pada mesin cuci. Nah kali ini saya akan share cara memperbaiki sendiri mesin cuci yg rusak karena kapasitor nya yg sudah rusak. Lumayan kan daripada dibawa ke tukang servis biayanya sampe ratusan ribu, kalo diperbaiki sendiri paling cuma abis sekitar 30-50 rb saja.

Kerusakan kapasitor ini ditandai dengan bentuk/body kapasitor tsb yg menggembung ataupun sudah pecah sisi luarnya. Kebetulan mesin cuci saya juga lagi rusak, tidak bisa utk cuci/pengering tp hanya mengeluarkan suara dengung seperti suara pesawat terbang hehehe. Oke kita langsung ke penampakannya biar tidak bingung:

Ini adalah mesin cuci 1 tabung merk sanyo yg pulsatornya tdk bisa berputar dan hanya mengeluarkan suara dengung saja.


Penampakan bagian belakang setelah dibongkar.

Nah ini nih yg disebut capasitor, capasitor ini jenisnya non polar jd pemasangannnya bisa bolak balik.
Letak kapasitor ini biasanya pd bagian belakang body mesin cuci, coba kalian cari dulu pasti ketemu. Bentuknya seperti baterai ABC yg ukuran besar itu loooh dan dibodynya terdapat nilai/ukuran dari capasitor tsb, utk mesin cuci 1 tabung biasanya berukuran 10 mikrofarad kalo mesin cuci 2 tabung biasanya terdapat 2 capasitor yg nilainya utk spin/pengering 4 mikrofarad, 10 mikrofarad utk wash/cuci.

Harga capasitor 10 mikrofarad ini berkisar 25 - 50 rb tergantung merk

Penggantian capasitor, untuk pemasangannya bisa bolak balik
Jangan lupa di kasih isolasi biar aman dan gak nyetrum
Jika masih bingung kabel mana yg disambung capasitor biasanya bagian belakang mesin cuci terdapat diagram wiring rangkaian pengkabelan di mesin cuci, utk warna kabel sesuaikan dgn merk. Seperti gambar dibawah ini :



Nah, selesai diganti capasitornya tinggal pasang bagian belakang mesin cuci
Setelah dicoba kembali akhirnya mesin cuci dapat hidup. Nah, inilah sedikit penjelasan sedikit dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua
Sekian dari saya,
Wassalamu'alaikum wr. wb

8 komentar

Assalamualaikum mas..itu mesin cuci udah d modif jadi manual?bisa kasih tau mekanisme pamasangan kabel2ny..maksaih sebelumnya.

Assalamualaikum mas..itu mesin cuci udah d modif jadi manual?bisa kasih tau mekanisme pamasangan kabel2ny..maksaih sebelumnya.

Terimakasih mbak renita ersika sudah komentar, iya itu sebetulnya mesin cuci yg otomatis tp karena bagian panel kontrolnya rusak trus diganti ke manual, kebetulan saya beli mesin cucinya itu second dr sana udah dibuat manual kayak gitu. Kalau saya liat dalamnya sbnrnya gampang mbak ngubahnya, di google biasanya bnyk yg share caranya

Assalamualaikum mas, saya mau tanya, mesin cuci sanyo 86 sb 1 tabung. Tombol banyak yg error, ga sesui fungsi. Kadang level air ga bisa, tombol star bisa jd spin. Mohon infonya.

Assalamualaikum mas, saya mau tanya, mesin cuci sanyo 86 sb 1 tabung. Tombol banyak yg error, ga sesui fungsi. Kadang level air ga bisa, tombol star bisa jd spin. Mohon infonya.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Gan, saya mau nanya ? Saya menggunakan mesin cuci 2 pintu, Pada saat saya gunakan di bagian dalam menyala, seperti kaya ada yang kebakar, kira" kerusakan dibagian apanya yah ?


EmoticonEmoticon